Wednesday 10 December 2014

Tilang Istri, Polisi Ini Dicuekin di Rumah

Berita 910 - Operasi Zebra yang dilakukan oleh Kepolisian Indonesia menyisakan berbagai cerita. Banyak yang geram karena ditilang namun ada juga cerita yang sangat menyentuh dan sedikit menggelitik.

Forum Film Jambi membuat sebuah film pendek yang diambil dari kisah nyata polisi menilang istrinya. Adalah Aiptu Jailani, polisi tegas di Gresik, Jawa Timur yang merasa dilema saat istrinya melanggar peraturan lalu lintas.

Video berdurasi 4 menit 40 detik ini menceritakan seoarang wanita pengendara motor matic menerobos lampu merah dan nyaris tertabrak oleh pengendara dari arah berlawanan. Wanita ini nekat menerobos lantaran di depannya ada motor yang mengepulkan asap pekat.

Seorang Polantas yang tengah bertugas segera mengejar dan memberhentikan wanita tadi. Kaget ketika wanita itu mengetahui bahwa petugas tersebut adalah suaminya. Sang istri meminta maaf dan membujuk suaminya agar dibebaskan karena terburu-buru, tetapi permintaan itu tidak dikabulkan. Aiptu Jailani memberikan surat tilang dan hanya diblas dengan sewotan dari istri.

Tahu bahwa sang Istri marah, Aiptu Jailani berusaha untuk meminta maaf. Baginya ini adalah tugas dan dia harus bertindak adil tak pandang bulu itu istrinya sendiri. Di perjalanan pulang dia pun membelikan setangkai bunga mawar dan tulisan 'Ma, Maaf tadi papa tilang, papa harap mama mengerti. Papa cinta Mama'.

Dugaan Aiptu Jailani benar, sampai di rumah dia tidak dimasakkan oleh sang istri yang masih dongkol. Setangkai mawar dan pesan permintaan maaf itu ia taruh di tempat tidur di sebelah istrinya.

Film ini bukan pencitraan polisi. Melainkan kisah nyata yang diapresiasi dengan ketegasannya yang tak ragu memberikan hukuman bagi pelanggar. Bahkan dia pernah menilang anggota KPK dan memberikan surat tilang karena melanggar lalu lintas.

Sikap Aiptu Jailani patut diberikan acungan jempol dan menjadi panutan bagi semuanya.

No comments:

Post a Comment