Wednesday 11 March 2015

Makanan-makanan Enak Pembasmi Sembelit

Selain mandi, ritual pagi hari adalah buang air besar. Seharusnya, buang air besar bisa dilakukan setiap hari agar pencernaan lancar dan perut tak membuncit serta begah.

Yang parah kalau sudah sudah mulai sembelit alias susah buang air besar. Salah satu penyebab sembelit adalah kurangnya serat, seperti yang dilansir CNN Indonesia. Ahli diet, Kristyn Hall mengatakan bahwa perempuan dewasa dengan usia 19-50 tahun harus mengonsumsi sekitar 25 gram serat per hari. Sedangkan laki-laki seharusnya mengonsumsi 38 gram serat.

Ketika sedang sembelit, sebaiknya hindari makanan yang mengandung sedikit serat, misalnya kerupuk, pasta polos, bagel. Sebaliknya, minumlah cairan yang lebih banyak, khususnya air putih.

Selain itu, Hall juga merekomendasikan untuk menyantap beberapa makanan yang berfungsi untuk memerangi sembelit.

1. Bluberri
Buah yang kaya nutrisi ini tak hanya bisa disantap sebagai jus. Namun buah berwarna keunguan ini bisa disantap utuh, dipadukan dengan kue, salad, atau dibekukan. Dalam setiap 100 gram buah ini mengandung 2,4 gram serat.

2. Kacang polong
Hall mengatakan kacang polong memiliki rasa manis alami. Salah satu jenis kacang-kacangan ini bisa disantap utuh atau ditambahkan ke dalam salad. Salad akan membantu meningkatkan jumlah serat dalam tubuh. Setengah cup kacang polong ini mengandung lebih dari empat gram serat.

3. Smoothies buah dan sayur
Anda pasti sudah tahu manfaat dan kandungan nutrisi dari sayur serta buah. Buah dan sayur juga bisa dikombinasikan jadi satu dan dibuat smoothies yang nikmat. Cara ini akan meningkatkan rasa dan menghindarkan kebosanan saat menyantap buah dan sayur.

4. Produk susu fermentasi
Produk susu fermentasi dikenal juga dengan nama yoghurt. Yoghurt mengandung bakteri asam yang bisa membantu melancarkan pencernaan. "Beberapa merek yoghurt juga mengandung bakteri probiotik yaitu Lactobacillus dan Bifidobacteria. Ini akan membantu tubuh sehat," kata Hall.

5. Popcorn
Tak diduga, popcorn ternyata bisa membantu menghindari sembelit. Hanya saja, Anda harus menyantap popcorn yang tawar, tanpa tambahan mentega. Popcorn adalah kudapan yang tinggi serat. Tiga cup popcorn mengandung 3,5 gram serat.

6. Oatmeal
Satu cup oatmeal tawar memiliki empat gram serat. Ke dalamnya, tambahkan seperempat cup buah-buahan kering, dan 2 sendok makan biji-bijian yang kaya serat. Ini akan membantu menghindarkan Anda dari konstipasi.

7. Sayuran mentah
Sayuran-sayuran mentah memiliki kandungan serat alami yang tinggi. Konsumsi sayuran ini sebagai snack akan menambah jumlah serat dalam tubuh.

8. Edamame
Edamame adalah kudapan yang sehat. Setengah cup edadame mengandung 12 gram, protein dan 8 gram serat. "Tambahkan edamame ke dalam sup, atau olahan lainnya. Gantikan jenis legum lainnya dengan edamame yang enak dan sehat," ujar Hall.

No comments:

Post a Comment