Tuesday 9 December 2014

Ini jalan terpendek di dunia, panjangnya cuma dua lengan!

Berita 910 - Hati-hati terlewat kalau mencari No. 1 Bistro. Pasalnya restoran yang terletak di Wick, Skotlandia ini beralamat di jalan paling pendek di dunia.

Ebenezer Place memang dinobatkan sebagai jalan terpendek di dunia oleh Guinness World of Records. Menurut situs Amusing Planet, panjangnya hanya 2,06 meter, tak lebih dari serentangan kedua lengan manusia. Letaknya di antara Union Street dan River Street.

Gedung yang beralamatkan jalan ini pun hanya No.1 Bistro. No. 1 Bistro merupakan bagian dari Mackays Hotel. Sementara Mackays Hotel sendiri menempati tiga alamat sekaligus.

Pencipta jalan aneh ini adalah Alexander Sinclair, pendiri Mackays Hotel. Gedung ini dibangun memanjang dengan letak pintu depan yang tak biasa. Akibatnya pada tahun 1883, pihak berwenang mewajibkan Sinclair menuliskan alamat di bagian ujung gedung miliknya.

Sinclair pun menetapkan alamat pintu itu sebagai Ebenezer Place. Empat tahun kemudian, Ebenezer Place diresmikan menjadi jalan.

Sampai sekarang posisi Ebenezer Place sebagai jalan terpendek di dunia masih belum tergantikan. Walaupun begitu rekor dunianya justru baru diresmikan beberapa tahun belakangan.

No comments:

Post a Comment