Monday 17 November 2014

5 Kebiasaan Negatif di Jejaring Sosial yang Harus Dibatasi

Apa yang kita lakukan di jejaring sosial memang menjadi urusan pribadi yang tidak berhak dicampuri oleh orang lain. Tetapi kita harus ingat kalau jejaring sosial layaknya tempat umum di mana jutaan orang lain bisa melihat dan membaca setiap hal yang kita bagi.

Status atau tautan yang kita share tanpa pikir panjang terkadang bisa membuat orang lain yang kebetulan membaca ikut senang, atau malah jadi bad mood.

Karena itulah ada baiknya kalau kita perlu membatasi perilaku-perilaku negatif seperti ini di jejaring sosial.

1. Mengeluh terus-menerus
Memang menjadi hakmu untuk mengeluh di Twitter atau Facebook. Toh jejaring sosial memang diciptakan untuk sarana setiap orang mengekspresikan diri. Tetapi ada baiknya kamu tidak terlalu sering mengeluh atau ngomel di Facebook dan Twitter.

Pasalnya orang yang kebetulan melihat keluhanmu di timeline bisa ikut sebal. Melihat orang yang sedikit-sedikit mengeluh itu kadang bisa membuat suasana hati jadi tidak enak, lho.

2. Mengumbar emosi
Perilaku yang satu ini jelas perlu dibatasi, sebab saat sedang emosi kita jarang berpikir jernih. Daripada langsung berkicau di Twitter atau ngomel panjang lebar di Facebook, lebih baik kamu tenangkan diri terlebih dahulu. Jangan sampai kamu menyesali status yang sudah kamu ketik dalam kondisi emosi.

Kalau sudah tenang, tidak masalah kalau kamu mau menyampaikan unek-unek lewat jejaring sosial.

3. Menghina orang lain
Anonimitas di internet memang memberikan kesempatan bagi setiap orang untuk menyampaikan pendapat sebebas-bebasnya. Dan ini seringkali menjadikan kita lebih mudah menghina atau melakukan 'bullying' terhadap orang lain.

Meskipun akun kita memiliki identitas jelas yang bisa dilihat siapa saja, pada kenyataannya kamu tetap bisa menyerang orang lain tanpa harus berhadapan langsung dengan mereka. Ini bukan perilaku yang bagus, lho.

4. Umbar kemesraan
Sekali lagi, apa yang kita lakukan di jejaring sosial memang menjadi urusan pribadi yang tidak berhak dicampuri oleh orang lain. Tetapi alangkah baiknya kalau hubungan yang berada di area privasi kamu jaga agar tidak terlalu diumbar di depan publik.

5. Menyebarkan hal negatif
Kalau yang satu ini sebaiknya memang dihindari sama sekali. Siapa di antara kalian yang hobi share berita miring tentang slah satu capres sewaktu masa kampanye pilpres kemarin? Itu juga termasuk menyebarkan hal negatif, lho. Pasalnya kamu menyebarkan berita yang belum tentu benar dan bersifat menghasut.

Itulah 5 perilaku negatif di media sosial yang perlu kamu batasi. Perilaku negatif mana yang paling sering kamu lakukan?

No comments:

Post a Comment