Thursday 11 December 2014

Krzywy Domek, keunikan gedung meliuk di Polandia


Coba perhatikan gedung dalam foto di atas. Bagian luarnya tampak seperti gambar yang terdistorsi. Benar-benar unik, bukan? Tetapi jangan menatapnya terlalu lama. Anda bisa pusing dibuatnya.

Ini bukan hasil rekayasa foto, melainkan gambar asli Krzywy Domek, sebuah gedung dengan desain arsitektur tak biasa yang ada di Polandia. Krzywy Domek merupakan frase dari bahasa Polandia yang berarti 'rumah miring'. Bangunan ini merupakan salah satu landmark daerah Sopot dan menurut The Huffington Poset termasuk jajaran gedung-gedung paling aneh di seluruh dunia.

Sebenarnya Krzywy Domek yang tampak seperti bangunan meleleh ini merupakan bagian dari pusat perbelanjaan Rezydent. Tak seperti penampilan luarnya yang meliuk-liuk, bagian dalam gedung ini justru biasa saja.

Krzywy Domek memiliki luas sekitar 4.000 meter persegi. Bangunan serba miring ini usianya terhitung masih mudah. Ia didirikan pada tahun 2004.

Strukturnya yang aneh namun mengagumkan dirancang oleh duo arsitek Polandia, Szotynscy & Zaleski. Kedua arsitek tersebut mendapatkan inspirasi rancangan Krzywy Domek dari ilustrasi dalam sebuah buku dongeng yang digambar oleh Jan Marcin Szancer dan Per Dahlberg, ilustrator terkenal asal Polandia.

Gedung yang berada di salah satu sudut Monciak Street itu kini menjadi salah satu objek wisata favorit di Sopot.

No comments:

Post a Comment