Monday 17 November 2014

Kisah Pertapa Sakti di Pantai Goa Cina, Malang

Kabupaten Malang dikenal sebagai gudangnya pantai di Jawa Timur. Belakangan muncul nama Pantai Goa Cina yang cukup eksotis. Selain indah, pantai ini juga memiliki kisah yang menarik soal pertapa sakti. Penasaran? 

Kawasan Malang di Jawa Timur dikenal memiliki potensi wisata alam yang menakjubkan. Banyak turis berdatangan ke daerah itu dikarenakan sejumlah pantainya yang benar-benar menyajikan pesona yang luar biasa bagusnya.

Salah satunya adalah Pantai Goa Cina yang berada di Malang Selatan. Pantai Goa Cina terletak di Dusun Trowotratih, Sumber Manjing Wetan, Malang Selatan, Jawa Timur.

Jaraknya cukup jauh dari pusat Kota Malang, sekitar 60 kilometer atau 2 jam perjalanan menggunakan kendaraan. Pantai ini belakangan namanya semakin santer terdengar, sehingga banyak wisatawan yang penasaran dan tertarik untuk mengunjunginya.

Untuk mendatangi Pantai Goa Cina, arahkan saja perjalanan Anda menuju kawasan Sendang Biru di Malang Selatan. Dari Sendang Biru, objek wisata Pantai Goa Cina hanya berjarak kira-kira 5 kilometer.

Bila waktu memungkinkan, Anda juga bisa menyempatkan diri bertualang ke Pulau Sempu yang masih alami sambil berperahu melewati Segara Anakan. Jaraknya tak terlalu jauh, paling hanya 6 kilometer.

Mendengar namanya saja Anda pasti dibuat penasaran. Ingin segera mendatangi pantai yang satu ini dan membuktikan seperti apa pesona yang digembar-gemborkan itu. Agak jauh dari tepi Pantai Goa Cina, terlihat beberapa batuan karang. Di atasnya banyak ditumbuhi semak-semak.

Ombak Pantai Goa Cina ini cukup dahsyat. Hal ini menjadi ciri khas semua pantai yang ada di laut selatan Pulau Jawa. Airnya jernih kebiruan dengan pasir berwarna putih kecoklatan, memikat mereka yang mendatanginya.

Di salah satu pulau karang itu terdapat cekungan yang cukup dalam, kira-kira panjangnya mencapai 5 meter. Dulu sekitar tahun 1930-an, gua ini konon dijadikan tempat bertapa orang Tiongkok bernama Hing Hook.

Usut punya usut, sang pertapa melakukan semedinya sampai ajal menjemput. Belum jelas di mana jenazah Hing Hook dimakamkan. Sebagian pendapat mengatakan kalau jasad Hing Hook lenyap tanpa bekas atau moksa. Sejak saat itu, pantai lengkap dengan gua bekas tempat bertapa Hing Hook oleh masyarakat sekitar dinamakan Pantai Goa Cina.

Untuk menemukan gua ini memang perlu sedikit perjuangan. Anda harus melalui semak dan bebatuan karang tajam di atas pulau karang itu. Bila tidak berhati-hati akan tergelincir dan bebatuan tajam siap menggores tubuh Anda.

No comments:

Post a Comment