Sunday 6 September 2015

Kamu Kelahiran 90-an? Inilah 15 Kartun Bukti Masa Kecilmu Bahagia!

Dulu sewaktu kecil, kita rela bangun pagi-pagi untuk duduk manis di depan televisi, atau ngebela-belain lari pulang dari sekolah setiap sore demi bisa menonton kartun kesayangan.  Tayangan anak-anak pada tahun 90an hingga awal tahun 2000-an memang sempat sangat populer hingga di jam prime time pun kartun Jepang selalu diputar.

Namun seiring berjalannya waktu, kartun-kartun semacam ini pun musnah, digantikan oleh acara musik berjam-jam yang bikin jenuh pemirsa di rumah.  Apalagi internet semakin gampang diakses sehingga untuk menonton kartun Jepang cukup dengan online ke jaringan.  Tapi bagi orang-orang yang lahir di tahun 90an, 15 kartun ini tentu akan membawa nostalgia ke masa kecil.  Apa saja?  Yuk simak!

Doraemon 



Kartun satu ini tetap setia tayang setiap jam 8 pagi hari Minggu di RCTI.  Sejak dulu hingga sekarang, kartun inilah yang tetap bertahan, bahkan bermunculan episode-episode baru.  Penggemarnya tidak hanya anak-anak, tetapi generasi 90an juga pasti masih menginginkan robot bernama Doraemon.


Dragon Ball



Kartun legendaris lainnya adalah Dragon Ball.  Sudah ada banyak variasi tayangan untuk judul satu ini, mulai dari live action hingga teater.  Kartun satu ini panjangnya bukan main, mungkin satu-satunya pesaing adalah sinetron Tersanjung.

Captain Tsubasa 


Banyak dari generasi 90an yang menunda shalat Magrib demi menonton setiap episode Captain Tsubasa.  Petualangan Tsubasa untuk bisa mencapai Piala Dunia sangatlah panjang, terutama karena dalam setiap pertandingan selalu ditampilkan flashback.  Jadi untuk pertandingan yang seharusnya 2 x 45 menit bisa ditayangkan sekitar 3 – 4 hari hingga akhirnya ketahuan siapa klub yang memenangkan pertandingan.

Crayon Shinchan 



Kartun satu ini gokil sekaligus jorok.  Kejahilan bocah nakah bernama Shinchan ini selalu bikin repot lingkungan sekitarnya.  Sama seperti Doraemon, Crayon Shinchan pun masih ditayangkan di RCTI, tetapi memiliki jam slot yang berbeda dengan yang terdahulu, yaitu Minggu jam 10 pagi.

Inuyasha



Inuyasha berkisah tentang setengah siluman dan setengah manusia yang memiliki misi mencari Shikon no Tama atau Bola Empat Arwah.  Bersama Kagome, Shippo, Miroku, dan Sango, mereka bertualang mencari pecahan Bola Empat Arwah.  Selain itu, mereka juga harus mengalahkan siluman jahat bernama Naraku.

Ghost At School 



Kartun yang ditayangkan di TV7 setiap Senin sampai Jumat jam 18.30 ini berkisah tentang Satsuki dan adiknya, Kenichiro, yang pindah ke sekolah baru.  Tak disangka, sekolah itu ternyata berhantu.  Salah satu hantu bernama Amanojaku masuk ke dalam tubuh kucing mereka.  Agar bisa mengalahkan Amanojaku, mereka harus menaklukan seluruh hantu yang bergentayangan di sekolah.

Pokemon 



Kartun ini berkisah tentang petulangan Satoshi atau Ash Ketchum (versi Amerika) untuk mengumpulkan Pokemon.  Dia ditemani oleh Pokemon bandel berwarna kuning, Pikachu.  Dalam perjalanan, Satoshi bertemu dengan Kasumi (Misty) dan Takeshi (Brock).  Perjalanan mereka tidak selalu mulus karena ada musuh  bernama Team Rocket yang selalu mengganggu mereka.

Digimon 



Digimon agak mirip dengan Pokemon.  Kisah berawal ketika 7 anak berpindah dimensi ke dalam dunia digital.  Dunia ini dihuni oleh makhluk yang disebut sebagai Digimon atau Digital Monster.  Ketujuh anak ini pun akhirnya sadar bahwa merekalah yang terpilih untuk melindungi dunia tersebut dari Digimon jahat yaitu Devimon dan Vamdemon.

Ninja Hattori 



Kartun ini diangkat dari komik yang dibuat oleh komikus Doraemon, Fujiko F. Fujio.  Dalam cerita ini, Kenichi Mistuba kedatangan seorang ninja bernama Hattori Kazo.  Lama kelamaan Hattori pun menjadi bagian keluarga Mitsuba dan bersama adiknya, Shinzou dan anjing ninja, Shishimaru, mereka menjalani kehidupan sehari-hari bersama dengan orang biasa.

P-Man 



Pasti masih ingat, dong, dengan soundtrack P-Man?  Kartun ini berkisah tentang superhero bernama Bird-Man yang bertugas menjaga kedamaian alam semesta.  Dia mengutus bocah kelas 4 SD untuk menjaga keamanan dunia, Mitsuo.  Mitsuo bisa berubah menjadi super hero setelah mengenakan topeng dan jubah.  Karena dia masih sekolah, maka terkadang Mitsuo menggunakan robot pengganti untuk menggantikan dirinya belajar di sekolah.

Samurai X 



Kartun satu ini legendaris banget, deh!  Masih ingat, kan, dengan kisah Battosai si Pembantai?  Kenshin Himura mampu membunuh ratusan orang dengan menggunakan pedangnya.  Namun dia memutuskan untuk berhenti dan menjadi seorang rounin.  Di tengah perjalanan, dia bertemu dengan Kaoru Kamiya dan memutuskan untuk tinggal bersamanya di sebuah dojo kendo.


Hunter x Hunter 


Kartun yang ditayangkan di TV7 ini berkisah tentang Gon, anak berusia 12 tahun yang berusaha menemukan ayahnya. Ging.  Di ujian Hunter yang ditempuhnya, dia bertemu dengan tiga orang sahabat yang akan ikut bertualang bersamanya untuk mendapat lisensi Hunter, yaitu Killua, Kurapika, dan Leorio.

Chibi Maruko-chan 



Maruko-chan mengisahkan keseharian komikusnya semasa kelas tiga.  Momoko Sakura yang mengarang komik ini menggambarkan kelucuan sehari-hari yang dialaminya bersama teman-teman SD.

Detektif Conan 



Pasti semua tahu siapa Shinichi Kudo!  Anak SMA Titan kelas 2 ini mengalami pengecilan tubuh setelah sengaja mengikuti kawanan Jubah Hitam.  Dia diminumkan racun yang membuat dirinya menjadi anak kelas 1 SD.

Sailor Moon 



Bisa dibilang, kartun ini pelopor dari sentai shoujo atau kartun pahlawan perempuan lainnya seperti Tokyo Mew Mew dan Pretty Cure.  Berkisah tentang Usagi yang mendapat alat yang bisa merubahnya menjadi Sailor Moon.  Dia dan para sailor yang lain ditugaskan untuk mencari Putri Serenity yang bisa mencegah kejahatan merajalela di dunia.



(sumber)

No comments:

Post a Comment