Monday 31 August 2015

Wow! Musik Dangdut Berjaya di Festival Musik Jerman!

dangdut jerman

Festival seni budaya tahunan terbesar di Eropa, Museumsuferfest 2015 telah digelar pada tanggal 28 hingga 30 Agustus 2015 lalu di Frankfurt, Jerman. Sekitar 2 juta orang menghadiri festival yang diadakan di tepi Sungai Main, Frakfurt ini. Namun ternyata, sederet musisi jazz, pop-folk song, hip hop, hingga dangdut dari Indonesia juga ikut meramaikan festival tahunan ini. Salah satunya ialah grup musik yang didaulat oleh musisi Djaduk Ferianto, yakni Kua Etnika.

Ratusan pengunjung festival terlihat mengelilingi panggung Indonesia ketika Kua Etnika memainkan deretan lagu dangdut, seperti Pengalaman Pertama, Sakit Gigi, Penasaran, Selayang Pandang, Terajana, dan Sajojo. Meskipun waktu sudah menunjukkan tengah malam, namun antusiasme para pengunjung yang terdiri dari warga Jerman dan warga negara Indonesia yang tinggal di negara itu tetap berjoget dengan diiringi musik dangdut.

kua etnika


Ternyata, penampilan musik dangdut merupakan salah satu sajian musik yang paling ditunggu oleh para penonton dan pengunjung dari panggung Indonesia dalam festival ini. Aktor kawakan Slamet Rahardjo, yang juga ditunjuk sebagai Ketua Komite Pertunjukan, Pameran, dan Seminar Frankfurt Book Fair (FBF) 2015, mengatakan bahwa mereka sengaja menampilkan musik dangdut agar semua orang bisa berjoget dan bergembira bersama. Selain Djaduk Ferianto dan Kua Etnika, musisi Indonesia lain yang berpartisipasi dalam festival ini antara lain adalah DJ Cream, Bonita and husBand, Tiara-Hanuraga, Dira Sugandi, J-Flow, dan Dwiki Darmawan.

Panggung Indonesia juga menampilkan kesenian asli Indonesia lain seperti musik angklung, tari tradisional Barong Osing, dan Gandrung Banyuwangi, yakni tari sosial atau “pergaulan” yang umum terdapat di Indonesia. Di festival Museumsuferfest, Indonesia berhasil menjadi official theme country. Festival ini juga dimanfaatkan oleh Indonesia untuk memperkenalkan Indonesia kepada publik Eropa, mengingat pada Oktober 2015 nanti, Indonesia ditunjuk sebagai Tamu Kehormatan di Frankfurt Book Fair (FBF) 2015.


(sumber)

No comments:

Post a Comment