Wednesday 25 March 2015

Kecepatan Internet di Indonesia Anjlok ke Rangking 122 Dunia

Ilustrasi internet di Indonesia
Ilustrasi internet di Indonesia
Jakarta, Selular.ID – Ketika pengguna internet di negeri ini sedikit demi sedikit mulai menikmati kecepatan jaringan 4G LTE, kabar kurang mengenakan tersiar seputar kecepatan jaringan internet Indonesia.
Setelah sempat meningkat tajam, kecepatan internet Indonesia kembali mengalami penurunan yang sangat tajam pada kuartal 4 tahun 2014.

Kabar tersebut dilaporkan langsung oleh penyedia layanan cloud, Akamai Technologies. Dalam siarannya, Akamai melaporkan pada tiga bulan terakhir 2014 kecepatan koneksi internet rata-rata di Indonesia adalah 1,9 Mbps. Data ini menunjukkan penurunan drastis sebanyak 50 persen atau dari 3,7 Mbps pada kuartal 3 tahun 2014.

Akan tetapi, kecepatan rata-rata internet pada kuartal 4 tersebut masih 16 persen lebih baik ketimbang kuartal yang sama di tahun 2013. Turunnya kecepatan internet tersebut membuat posisi internet Indonesia merosot tajam. Sempat merasakan posisi 77, kini Indonesia harus puas ada di peringkat 122 dunia.
Tabel kecepatan internet (Sumber: Akamai)
Tabel kecepatan internet (Sumber: Akamai)
Di wilayah Asia Pasifik sendiri, peringkat Indonesia perihal rata-rata kecepatan internet ini berhasil dilangkahi oleh India, Filipina, dan Vietnam.
Sementara itu, negara dengan kecepatan internet di Asia Pasifik, sekaligus dunia, masih dipegang oleh Korea Selatan di peringkat pertama, diikuti Hong Kong dan Jepang. Kecepatan rata-rata yang dirasakan oleh pengguna internet di Korea Selatan adalah sebesar 22.2 Mbps. (bda)

sumber:seluler.id

No comments:

Post a Comment