Saturday 5 September 2015

Presiden RI versus Pimpinan Hokage dalam Serial Naruto

Anime fenomenal Naruto memang terkenal bukan karena jurus dan karakternya yang keren, tapi juga terdapat pesan moral di dalamnya yang bisa kita petik sebagai motivasi hidup. Dalam anime tersebut dikisahkan Naruto Uzumaki yang berpetualang untuk menjadi Hokage atau pemimpin desa Konoha. Jika Konoha adalah Indonesia, maka Hokage diibaratkan sebagai presiden. Tapi ada yang menarik antara Konoha dan Indonesia, entah disengaja atau tidak ternyata Hokage dan Presiden Indonesia memiliki kesamaan. Apa saja kesamaannya dari tiap karakter?

1.Hokage Pertama – Presiden RI 1


1

Di dalam anime Naruto, Hokage pertama adalah Hashirama Senju. Sama seperti Ir. Soekarno, keduanya adalah pendiri dan pemimpin pertama. Karakter yang sama yaitu dihormati dan dikagumi atas usaha dan keberhasilannya membentuk sebuah Negara sendiri adalah persamaan yang tak terbantahkan.

2. Hokage kedua – Presiden RI 2

2

Tobirama Senju dan Soeharto, keduanya aktif dalam membantu pemerintahan sebelumnya. Sama-sama memiliki sikap tegas dan berani.

3. Hokage Ketiga – Presiden RI 3

3

Hiruzen Sarutobi dan B.J. Habibie, memiliki kesamaan fisik yang kecil dan juga sama-sama jenius.

4. Hokage Keempat – Presiden RI 4


4


Minato Namikaze dan  Abdurrahman Wahid, hal sama yang paling mencolok adalah humoris dan tidak tegang. Keduanya juga memiliki masa jabatan yang sebentar.

5. Hokage Kelima – Presiden RI 5

5

Megawati dan Tsunade,  Kedua karakter ini sama persis adalah anak dari Hokage Pertama dan Presiden pertama Indonesia. keduanya juga sama-sama pemimpin pertama dari kalangan wanita.

6. Hokage Keenam – Presiden RI 6


6

Hatake Kakashi dan SBY, keduanya memiliki latar belakang militer dan sama-sama merupakan pemimpin keenam.

7. Hokage Ketujuh – Presiden RI 7

7

Naruto dan Jokowi, Keduanya dianggap tidak pantas menjadi Hokage ataupun presiden. Tapi kenyataannya kedua karakter ini bisa menjadi pemimpin.

Nah, sekarang sudah lebih ngerti, kan, kenapa Hokage dan Presiden RI sama banget?


(sumber)

No comments:

Post a Comment