Tuesday 1 September 2015

Pompa Air Tenaga Sepeda Motor

Pompa Air Tenaga Sepeda Motor

Mesin pompa air biasanya berukuran besar dan memilik bobot yang berat serta membutuhkan sumber energi yang besar, baik itu bahan bakar minyak ataupun listrik. Hal itulah yang membuat pompa air sulit dijalankan di sebuah daerah yang jauh dari aliran listrik seperti perkebunan.

Namun tidak demikian dengan alat pompa air yang saat ini sedang dicoba dan digunakan oleh Danang Nugroho (35). Berbahan dasar plastik dan hanya berukuran mini dengan diameter sekitar 30 cm dan berat sekitar 5 kg membuat mesin pompa air tersebut ringan dan mudah dibawa.

Untuk kebutuhan tenaga sendiri tidak menjadi masalah besar, karena sumber tenaga motor berasal dari mesin sepeda motor yang tentu saja bisa dibawa kemana saja. Alat praktis dengan merek Fuboru tersebut sendiri memang bukan buatannya sendiri tapi dibelinya dari produsen peralatan motor di wilayah Surabaya Jawa Timur.

"Awalnya saya pingin beli pompa buat nyiram-nyiram di sekitar halaman saja, trus browsing dan tanya-tanya sampai akhirnya ditawari teman," ceritanya ketika ditemui Tribunjogja.com di bengkelnya yang ada di Jl Veteran 72 Warungboto Umbulharjo Yogyakart.

Penggunaan alat tersebut sendiri terbilang praktis dengan sistem 'plug and play' hanya menggunakan blok mesin dengan mencopot tutup magnet mesin yang ada di sebelah kiri, kemudian memasangkan pompa tersebut.

Nantinya pompa tersebut akan bekerja mengikuti putaran mesin ketika motor dinyalakan. Posisi mesin sendiri cukup berada dalam posisi netral atau stasioner sehingga keamanan terjaga dan tidak khawatir akan berjalan sendiri.

Bila menginginkan tenaga semprotan yang lebih kencang maka gas dapat ditarik dan secara otomatis air yang memancar akan makin kencang.

Jangkauannya sendiri cukup panjang, pompa dengan tenaga motor tersebut masih mampu menyedot air sedalam 8 meter secara vertikal dengan lancar sehingga disebutnya sangat cocok digunakan oleh penggali sumur.

"Dan yang pasti alat ini tidak merubah konstruksi mesin sama sekali," ujarnya.
Selama 3 hari mencoba alat tersebut sendiri dia tidak mengalami kendala sama sekali, sudah dua jenis kendaraan yang dipakainya untuk uji coba yaitu jenis Honda Astrea dan Yamaha Jupiter dan tidak ada masalah sama sekali.

Konsumsi bahan bakar sendiri disebutnya cukup ringan, untuk motor Honda Astrea miliknya satu liter bahan bakar mampu digunakan selama 3 jam tanpa putus.
"Sementara masih digunakan untuk nyiram halaman saja, tapi nanti akan saya coba bawa ke persawahan di daerah yang susah air dan jaraknya jauh dari pemukiman seperti daerah pesisir biar nanti kelihatan hasilnya," ujarnya.

Sementara dalam situs pompaairfuboru.blogspot.com perusahaan yang berbasis di Surabaya Jawa Timur tersebut mengklaim pompa air fuboru merupakan pompa air bertenaga motor yang pertama kali ada di Indonesia yang mudah, murah, simpel namun tetap handal.

Pompa tersebut merupakan inovasi baru yang menghadirkan sebuah terobosan teknologi tepat guna untuk mempermudah pekerjaan di bidang pengairan dan irigasi.
Dengan pipa masuk dan keluar sebesar 2 inch Fuboru Pompa Air diklaim mampu menghasilkan debit air sebanyak 2,6 liter per detik dalam kondisi mesin motor stasioner.
Debit air sendiri masih bisa dinaikkan dan aliran air akan makin apabila RPM motor dinaikkan.


(sumber)

No comments:

Post a Comment