Tuesday 24 March 2015

Bola-bola kuning misterius muncul di galaksi Bima Sakti


Bola-bola kuning misterius muncul di galaksi Bima Sakti
Bola-bola kuning misterius di galaksi Bima Sakti. © NASA/Caltech
 - Penemuan-penemuan astronomi atau yang berkaitan dengan luar angkasa memang bisa terjadi pada siapa saja, termasuk ilmuwan-ilmuwan amatir di NASA ini.
Secara mengejutkan, para sukarelawan yang bekerja di NASA menemukan bola-bola kuning misterius saat melakukan pemindaian foto galaksi Bima Sakti menggunakan teleskop luar angkasa Spitzer.

Setelah dikaji lebih lanjur oleh pakar astronomi senior NASA, bola-bola kuning itu adalah kumpulan gas yang tengah membentuk sebuah bintang raksasa. Ya, meskipun di gambar bola-bola kuning itu nampak kecil, sejatinya ukurannya ratusan kali lebih besar dari tata surya kita!
"Berkat penemuan para sukarelawan, kami menganalisa bola-bola misterius itu dan mengetahui bila mereka adalah sebuah tanda awal pembentukan sebuah formasi bintang raksasa," ujar Charles Kerton, ilmuwan dari Universitas Iowa.

Berdasarkan penelitian lanjutan, terkuak bila bola-bola kuning itu adalah bagian yang hilang atau 'missing link' dari proses pembentukan sebuah bintang.
Jika diibaratkan, bola-bola kuning itu seperti bayi dalam kandungan dan masa 'kelahiran' adalah saat di mana bola-bola kuning itu berubah menjadi bintang baru.

"Bola-bola kuning itu adalah bagian yang hilang di antara masa embrio bintang dan bintang baru yang melepaskan gelembung energi ke sekitarnya," tambah Kerton, Daily Mail (27/01).

sumber:liputan6.com

No comments:

Post a Comment