Wednesday 31 December 2014

Nyatanya Orang Jepang Tidak Pernah Setrika Pakaian

Nyatanya Orang Jepang Tidak Pernah Setrika Pakaian

Nyatanya Orang Jepang Tidak Pernah Setrika Pakaian - Ada yang unik perihal pola hidup orang-orang Jepang, saat mereka betul-betul didesain seefisien mungkin saja hingga masalah setrika pakaian tak ada pada kamus harus rumah tangga.

Pengalaman ini sekurang-kurangnya dikisahkan seseorang bloger suatu komune, Weedy Koshino waktu ia membagi pengalamannya juga sebagai ibu rumah-tangga yang turut suami di Jepang. Tersebut kisahnya.

Sesudah menikah, seperti umum pekerjaan teratur seseorang istri yaitu berbelanja, masak, bersihkan rumah, bersihkan pakaian dan menyetrikanya.

Namun saya sempat ditegur oleh suami saya, lantaran heran lihat saya yang menyetrika pakaian dalam serta pakaian tempat tinggalnya.

Tidak cuma suami saja yang kaget, yang terkena tegurpun lebih terkaget kaget saat diterangkan bahwa di Jepang, pakaian yang disetrika itu hanya baju kerja serta sapu tangan.

Waii waii sukanya saya, jadi dapat kurangi pekerjaan rumah tangga hehe namun buat pakaian sendiri saya tetep setrika ah, malu kan dipandang orang bila pakaiannya lecek.

Lantas saya juga geser ke Jepang. Satu tahun menimba pengetahuan di Pondok Mertua Indah. Saya dididik perihal langkah hidup di Jepang, dari langkah memisah sampah, berbelanja makanan, masak masakan Jepang, serta pekerjaan satu hari hari yang umum dikerjakan golongan ibu di Jepang.

Sangat banyak kekhasan yang saya jumpai yang terkait dengan masalah rumah tangga, satu diantaranya yakni permasalahan cucian pakaian.

Di Jepang, pakaian yang telah dicuci di mesin, lantas di jemur di luar. Lantaran rumah di Jepang tak memiliki halaman luas yang dapat untuk menjemur, umumnya jemur pakaian dikerjakan di balkon di lantai dua. Jemur di balkon juga dikerjakan oleh orang yang tinggal dirumah susun/apartemen/mansion.

Uniknya yaitu pakaian yang telah kering dijemur itu, lalu segera dilipat serta dimasukkan ke almari pakaian.

Saat saya bertanya pada ibu mertua perihal setrika pakaian, beliau cuma tersenyum serta menyampaikan “…yah bila anda ada saat serta tenaga, ya silakan saja di setrika pakaiannya. ”

Nyatanya di sini tidaklah hal yang aneh bila pakaian yang telah dijemur itu tak kita setrika dulu saat sebelum simpan dilemari pakaian. Serta bukanlah hal yang memalukan juga menggunakan pakaian tak di setrika serta pergi keluar rumah.

Sibuknya seseorang ibu mengatur pekerjaan rumah tangga, bikin taraf prioritas dalam pekerjaan rumah tangganya. Lantaran tak ada pembantu rumah tangga di sini, seluruhnya pekerjaan, siapa lagi bila bukanlah ibu yang mengerjakannya.


Jemuran khusus 

Nyatanya Orang Jepang Tidak Pernah Setrika Pakaian


Kenapa tanpa ada disetrika tetapi pakaian tak tampak demikian lecek serta kusut? Nyatanya jemuran pakaian yang di gunakan di Jepang tidak sama dengan di Indonesia. Di Jepang jemuran berupa sisi empat terbuat dari besi atau plastik.

Jemuran sisi empat ini disetiap segi ada jepitannya, jadi jemur pakaiannya kelak, pada ujung-ujung pakaian, dijepit dari segi kiri serta segi kanan. Langkah jemur seperti ini nyatanya tak bikin pakaian demikian kusut. Lantas sesudah kering, segera dari jemuran itu dilepaskan jepitannya, segera dilipat.

Untuk pakaian yang sulit serta perlu perlakuan spesial, tak perlu susah-susah lantaran dry cleaning telah kaya warung rokok di Indonesia, tujuannya gampang diketemukan serta bertebaran di mana-mana.

Nyatanya Orang Jepang Tidak Pernah Setrika Pakaian


No comments:

Post a Comment